Hudan Linnas: Al-Qur'an sebagai Petunjuk Hidup bagi Manusia
إنَّ الْحَمْدَ لِلّٰهِ، نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللّٰهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللّٰهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلٰهَ اِلاَّ اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.
أَمَّا بَعْدُ؛ فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللّٰهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللّٰهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.
قَالَ اللّٰهُ تَعَالَى :
Salah satu tujuan diturunkannya al-Qur’an adalah untuk menjadi petunjuk bagi manusia, sebagaimana firman Allah: “Hudan linnas”.
1. Apa yang Dimaksud dengan “Hudan Linnas”?
Maksud dari “hudan linnas” adalah bahwa al-Qur’an diturunkan oleh Allah sebagai petunjuk atau panduan hidup (pedoman hidup) bagi manusia di dunia ini. Allah menurunkan al-Qur’an sebagai petunjuk karena Allah Maha Mengetahui bahwa manusia bersifat lemah, serba berkekurangan. Jika manusia dibiarkan hidup tanpa petunjuk, maka pasti akan tersesat dari jalan kebenaran. Karena keterbatasannya, manusia tidak akan mengetahui apa yang terbaik bagi dirinya dan masyarakatnya kecuali setelah mendapatkan penjelasan dari Allah.
2. Jika Aturan Hidup Diserahkan kepada Manusia
Jika aturan hidup diserahkan kepada manusia, maka akan terjadi pertentangan, perselisihan, dan perbedaan antara satu manusia dengan yang lainnya, sehingga aturan yang dibuat manusia itu tidak akan bisa menyeluruh untuk manusia lain di lingkungan dan situasi kondisi yang berbeda. Ketika manusia menentukan aturan hidupnya sendiri, maka akan terjadi bias lingkungan di mana manusia berada. Berbeda halnya dengan aturan yang berasal dari Allah, pencipta manusia, yang mengetahui keadaan, kebutuhan, dan sifat-sifat manusia. Maka aturan itu pasti akan bisa menyentuh semua manusia tanpa memperhatikan dimensi ruang dan waktu di mana manusia berada. Aturan dari Allah dengan demikian adalah aturan yang paling baik. Allah berfirman:
قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَى
“Katakanlah: Sesungguhnya petunjuk yang sebenarnya hanyalah petunjuk Allah.” (QS. Al-Baqarah: 120)
3. Al-Qur'an Sebagai Petunjuk yang Paripurna
Al-Qur’an sebagai petunjuk Allah adalah petunjuk yang paripurna, berbeda dengan petunjuk-petunjuk sebelumnya. Jika petunjuk sebelumnya masih terikat dengan dimensi ruang dan waktu, maka petunjuk al-Qur’an adalah petunjuk yang berlaku bagi seluruh manusia di dunia ini tanpa memperhatikan perbedaan situasi dan kondisi. Jika petunjuk sebelum al-Qur’an adalah petunjuk yang bersifat parsial, maka petunjuk al-Qur’an adalah petunjuk yang bersifat universal. Allah berfirman:
إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ
“Sesungguhnya al-Qur’an ini memberi petunjuk kepada jalan kehidupan yang lebih lurus.” (QS. Al-Isra: 9)
4. Petunjuk Al-Qur'an Tidak Cukup Dibaca, Harus Diamalkan
Islam telah menetapkan bahwa petunjuk al-Qur’an tidak bisa dirasakan nyata dalam kehidupan jika al-Qur’an hanya sebatas dibaca dan dikaji tanpa diamalkan. Dengan kata lain, jika umat Islam hanya mengambil Nahiyah Ruhiyah (aspek spiritual) dari al-Qur’an, maka keberadaan al-Qur’an sebagai petunjuk tidak akan terasa nyata dalam kehidupan.
5. Nahiyah Siasiyah Al-Qur'an (Aspek Politik)
Petunjuk al-Qur’an baru akan terasa dan nyata jika al-Qur’an dijadikan sebagai sumber undang-undang resmi dalam kehidupan. Inilah yang disebut Nahiyah Siasiyah (aspek politik) dari al-Qur’an.
6. Sudahkah Kita Menjadikan Al-Qur'an sebagai Petunjuk Hidup?
Di bulan turunnya al-Qur’an ini, marilah kita bertanya kepada diri kita, sudahkah kita menjadikan al-Qur’an sebagai satu-satunya petunjuk dalam hidup kita? Sudahkah kita berupaya mengamalkan al-Qur’an dalam kehidupan nyata?
7. Merenungkan Firman Allah
Tutup ceramah dengan mengajak audien untuk merenungkan firman Allah:
الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلَاوَتِهِ أُو۟لَـٰٓئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِۦ وَمَن يَكْفُرْ بِهِۦ فَأُو۟لَـٰٓئِكَ هُمُ الْخَـٰسِرُونَ
“Orang-orang yang telah kami berikan kepada mereka Al-Kitab, mereka membacanya dengan sebenar-benarnya, mereka itu benar-benar mengimaninya. Siapa yang mengingkarinya maka mereka adalah orang-orang yang merugi.” (QS. Al-Baqarah: 121)
Ayat ini menjelaskan bahwa yang benar-benar mengimani al-Qur’an adalah orang yang membaca al-Qur’an dengan sebenar-benarnya, yakni tidak sekedar membaca, tapi diteruskan dengan mengamalkannya. Ibnu Mas’ud berkata tentang ayat ini:
وَالَّذِي فِي يَدِهِ النَّفْسُ لَا يُؤْمِنُونَ حَقًّا حَتَّىٰ يَحِلُّوا حَلَالَهُ وَيُحَرِّمُوا حَرَامَهُ وَيَقْرَءُوهُ كَمَا أَنزَلَهُ اللَّهُ وَلَا يَرْفَعُونَ كَلِمَاتِهِ عَنْ مَوَاضِعِهَا وَلَا يُؤَوِّلُونَهُ تَأْوِيلًا مُحَرَّفًا
“Demi Dzat yang diriku dalam genggaman-Nya: sesungguhnya makna membaca al-Qur’an dengan sebenar-benarnya adalah menghalalkan yang kehalalannya, mengharamkan keharamannya, membacanya sebagaimana al-Qur’an itu diturunkan, tidak merubah kata-kata dalam al-Qur’an dari tempat-tempatnya, dan tidak mentakwilkan al-Qur’an dengan penakwilan yang menyimpang.”
بَارَكَ اللّٰهُ لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللّٰهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللّٰهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ، وَالشُّكْرُ لَهُ عَلَى تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلٰهَ إِلاَّ اللّٰهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ، اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا.
أَمَّا بَعْدُ؛ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللّٰهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللّٰهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَّى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللّٰهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.
اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ، وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ، وَارْضَ اللّٰهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ، أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِي، وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ، وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِهِ وَ أَصْحَابِهِ وَمَنْ دَعَا إِلَى اللهِ بِدَعْوَةِ اْلإِسْلاَمِ، وَمَنْ تَمَسَّكَ بِسُنَّةِ رَسُوْلِهِ وَمَنْ تَبِعَهُ بِإِحسْاَنٍ اِلى يَوْمِ الدِّيْنِ.
اللّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِوَالِدَيْنَا وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارًا. أَللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ.
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا، وَاِنْ لَمْ تَغْفِرْلَنَا وَتَرْحَمْنَا، لَنَكُوْنَنَّا مِنَ الْخَاسِرِيْنَ. اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنَّا دُعَائَنَا، إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ، وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ.
رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَا اِنْ نَّسِيْنَآ أَوْ اَخْطَأْنَا. رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا. رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَالاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ، وَاعْفُ عَنَّا: وَاغْفِرْلَنَا، وَارْحَمْنَا، اَنْتَ مَوْلاَنَا، فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَاِفِرِيْنَ.
اَللَّهُمَّ يَا مُنْـزِلَ الْكِتَابِ، وَمُهْزِمَ اْلأَحْزَابِ، اِهْزِمِ اْليَهُوْدَ وَاَعْوَانَهُمْ، وَصَلِيْبِيِّيْنَ وَاَنْصَارَهُمْ، وَرَأْسُمَالِيِّيْنَ وَاِخْوَانَهُمْ، وَاِشْتِرَاكِيِّيْنَ وَشُيُوْعِيِّيْنَ وَاَشْيَاعَهُمْ.
اللَّهُـمَّ مُنْزِلَ الكِتَابِ، ومُجْرِيَ السَّـحَابِ، وهَـازِمَ الأحْـزَابِ، اهْزِمْـــهُمْ وانْصُرْنَــا عليــــهم
اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ دَوْلَةَ الْخِلاَفَةِ عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ، تُعِزُّ بِهَا اْلإِسْلاَمَ وَاَهْلَهُ، وَتُذِلُّ بِهَا الْكُفْرَ وَاَهْلَهُ، وَ اجْعَلْناَ مِنَ الْعَامِلِيْنَ الْمُخْلِصِيْنَ بِإِقَامَتِهَا بِإِذْنِكَ، يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، وَسُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
اللّٰهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ، وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ، وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ، وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ، وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ، وَدَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ، وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.
اللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلَاءَ وَاْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ، وَسُوْءَ اْلفِتَنِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ بُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ، رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.
عِبَادَ اللّٰهِ ! إِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، وَاذْكُرُوا اللّٰهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللّٰهِ أَكْبَرْ
Tidak ada komentar untuk "Hudan Linnas: Al-Qur'an sebagai Petunjuk Hidup bagi Manusia"
Posting Komentar